amp body













RUMAH KAFE JEMBER sejak 2015
Set On New Normal Certified Barista by BNSP LSP KI

KOPI yang baik adalah sehitam IBLIS, panas seperti NERAKA, semurni MALAIKAT, dan manis kaya KAMU

Karena KOPI kita bisa PINTAR

Kedai kecil serasa rumah sendiri, dikelola dengan senyum serta tawa juga dikawal barista tersertifikasi untuk ngopi, ngobrol atau membahas tentang apa saja

buka setiap hari mulai pk 18.00

DALAM PAHIT KOPI TERSELIP MANIS DAN RASA YANG LUAR BIASA
Temukan kami di Our Story | Instagram | Twitter | Facebook | Google | Maps | WAme

Kopi Jember Robusta Argopuro Fresh Roast Coffee Beans Rumah Kafe Signature Coffee by Combat Coffee

Kopi Jember Robusta Argopuro Fresh Roast Coffee Beans


Rumah Kafe Signature Coffee by Combat Coffee


Kopi Jember Robusta Argopuro Fresh Roast Coffee Beans Rumah Kafe Signature Coffee by Combat Coffee


Cerita kopi memang tidak akan ada habisnya. Selain bagaimana hadir secangkir kopi enak dihadapan kita semua, biji kopi pasti melalui proses yang penuh suka duka.

Seperti kopi Jember robusta Argopuro ini. Sejak 4 tahun yang lalu, komunitas kopi Jember yang diberi nama Jember Koffiesta sering ngobrol tentang secangkir kopi yang nyaman dan nikmat.

Dari awal itu lah, muncul kampanye kopi Jember petik merah yang digaungkan sejak tahun 2016. Dengan model komunikasi yang setara antara hulu kopi dan hilir kopi, begitu juga mereka yang berada di tengah-tengah distribusi kopi tersebut.

Akhirnya kualitas serta cita rasa "Kopi Jawa" perlahan muncul dari tangan penggiat kopi di Jember Koffiesta. Memang banyak tantangan dan hambatan dari proses dan menentukan nilai ekonomis kopi yang dipetik merah dan diolah pasca panen secara baik dan benar.

Komunikasi dan pemahaman yang sama menjadi kunci dari memunculkan segelas kopi enak, nyaman, serta nikmat di hadapan penikmat kopi.

Tantangan utama adalah konsistensi petik merah. Kenapa karena proses petik adalah separuh nyawa dari cita rasa dan kualitas kopi tersebut. Jika tidak konsisten petik merah, cita rasa kopi pasti akan berkurang kadar cita rasa dan kenyamanan. Apapun bentuk seduhannya.

Kedua adalah pasca panen, proses rambang atau seleksi buah kopi yang petik merah dengan cara dimasukkan ember berisi air. Buah kopi yang jelek pasti akan mengambang, yang bagus akan tenggelam.

Jika 100kg buah kopi, pasti akan mudah. Lain soalnya jika panenan sudah mencapai angka ton, pasti jauh lebih sulit mengelolanya, karena buah kopi harus selalu diolah segar setelah panen.

Ketiga, adalah bagaimana menentukan nilai ekonomis dari biji kopi yang diolah baik dan benar, barangkali juga bagaimana menentukan standar baik di antara penggiat kopi baik hulu maupun hilir.

Ini penting dibahas karena setiap langkah akan menentukan harga end user atau paling sederhana ya, saat kita menikmati segelas kopi yang nikmat dan berkualitas.

Teman-teman di Jember Koffiesta mecoba menerapkan model Fair Trade dalam urusan hulu sd hilir kopi, namun enggak dibahas dulu ya, karena ini pasti jadi chapter baru lagi di next artikel.

Kopi Jember Robusta Argopuro Fresh Roast Coffee Beans Rumah Kafe Signature Coffee by Combat Coffee


Singkat cerita salah satu kopi Jember yang kebetulan menjadi signature coffee roast di Rumah Kafe ini, Kopi Robusta Argopuro Jember pasti juga melewati proses yang panjang serta berliku. Mengingat budidaya kopi dan industri hulu hilir kopi sudah dimulai sejak tahun 1800-an di Jember.

Robusta Argopuro ini dikenal dengan rasa tanah yang memperkuat rasa pahit yang enak,juga ditambah pahit tembakau yang menghiasi sesapan kopi ditiap cangkirnya.

Aftertaste yang cenderung panjang karena kebanyakan kopi robusta Argopuro ini sudah menggunakan tanaman baru dengan biji yang cenderung besar.

Jika profil roast-nya gelap atau dark ada sedikit sensasi mint diakhir tegukan yang mengalun dengan rasa pahit yang enak.

Kami, di Rumah Kafe biasa menyeduh untuk kopi tubruk dengan sensasi kopi tumbuk, karena saat grinding tidak terlalu halus sehingga akan memperlambat proses ekstraksi pada saat disajikan dengan model kopi tubruk.

Apa yang disukai penikmat kopi di kedai mungil Rumah Kafe adalah rasa yang berbeda dalam setiap tegukan seiring dengan menurunnya suhu. 

Kopi Robusta Argopuro Jember ini disanggrai oleh Combat Coffee dengan profil roast yang disesuaikan untuk Rumah Kafe, dan angka 85/95 dilabel kopi signature ini merupakan penanda suhu opitimal yang biasa Rumah Kafe gunakan untuk menyeduh.

Pastilah, setiap seduhan akan bergantung pada si penyeduh, harapan kami sederhana saja, anda bisa menyeduh kopi robusta Argopuro Jember ini dirumah anda sendiri dengan alat sederhana dan seadanya. Cita rasa, keyamanan, dan kenikmatan secangkir kopi New Normal pasti akan hadir dihadapan anda.

Kopi Jember Robusta Argopuro Fresh Roast Coffee Beans Rumah Kafe Signature Coffee by Combat CoffeeKopi Jember Robusta Argopuro Fresh Roast Coffee Beans Rumah Kafe Signature Coffee by Combat Coffee


Tunggu ya, saat ini Rumah Kafe sedang mempersiapkan agar kopi Jember enak ini bisa hadir di meja kamu, juga video tutorial cara membuat kopi tubruk yang enak ala Rumah Kafe dengan menggunakan alat rumahan.

See you next in a nice a cup of coffee story ya.                 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pepatah Jawa - MENANG MENENG NGGEMBOL KRENENG

Thank You 2020 Welcome 2021

Pepatah Jawa - DIJUPUK IWAKE AJA NGANTI BUTHEG BANYUNE

PT Charoen Pokphand Open Job Position Mojokerto

PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia International Marketing-Product Executive Needed Mojokerto

HYPER REAL FACE Antara Niat Dan Amalan

Besok Senin ....

Ship To Shore - Container Crane Operator Needed PT Terminal Teluk Lamongan