amp body













RUMAH KAFE JEMBER sejak 2015
Set On New Normal Certified Barista by BNSP LSP KI

KOPI yang baik adalah sehitam IBLIS, panas seperti NERAKA, semurni MALAIKAT, dan manis kaya KAMU

Karena KOPI kita bisa PINTAR

Kedai kecil serasa rumah sendiri, dikelola dengan senyum serta tawa juga dikawal barista tersertifikasi untuk ngopi, ngobrol atau membahas tentang apa saja

buka setiap hari mulai pk 18.00

DALAM PAHIT KOPI TERSELIP MANIS DAN RASA YANG LUAR BIASA
Temukan kami di Our Story | Instagram | Twitter | Facebook | Google | Maps | WAme

Fine Java Coffee Bag #TetapNgopi Ngopi Kopi Jember di @rumahkafejember


Fine Java Coffee Bag 

Kopi Jawa sering dikenal dengan sebutan a cup of Java, itulah kopi yang sering kita nikmati untuk ngopi keseharian. Ya kopi Jember memang pernah jadi bagian dari dunia kopi dan diabadikan dalam kalimat secangkir kopi Jawa.

Apa sih istimewanya ngopi kopi Jember yang juga sering disebut a cup of Java itu? Tidak ada yang terlalu istimewa sebenarnya, kopi Jember yang sering buat ngopi di warung, kafe, kedai kopi itu sendiri adalah produk kebun kopi yang diolah dan dibudidayakan masyarakat di banyak lereng yang tersebar di Jember.

Secara kebetulan pula di Jember banyak kebun kopi milik perusahaan yang sudah berjalan mulai masa kolonial dibawah pemerintahan Hindia Belanda waktu itu. Sampai saat ini perusahaan itu masih beroperasi dan selalu mengirim kopi mereka ke berbagai tempat di dunia ini.

Sebut saja PTPN XII yang mengoperasional kebun kopi mereka di Jember dalam jumlah yang cukup luas sekitar 80rb hektar hanya di seputar Tapal Kuda, istilah untuk memberikan tanda daerah timur Jawa Timur seperti Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, dan Lumajang.  

Keberadaan Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Jember juga turut mewarnai kopi Jawa Jember yang ada sekarang, dengan usianya yang lebih dari seabad didirikan sejak masa kolonial Hindia Belanda, tepatnya 119 tahun yang lalu.

Sejak tahun 2015 lalu, beberapa penggiat kopi yang tergabung dalam banyak komunitas kopi di Jember, seperti Jember Koffiesta mencoba mengeksplorasi hulu dan hilir kopi secara mandiri, kolektif dan indipenden, dengan mencoba praktek kopi petik merah, pengolahan pasca panen, sistem tata niaga kopi rakyat dengan mengedepankan pola fair trade dengan lebih mementingkan kualitas, konsistensi dan ketersediaan di produk kopi milik petani.

Barangkali para penggiat kopi dan terutama kami pun sadar bahwa komoditas kopi memang sedikit banyak membutuhkan modal yang tidak sedikit, ini menyebabkan di antara teman-teman penggiat kopi Jember punya konsep terkelola dan terukur untuk membangun citarasa kopi Jember selama 5 tahun belakangan ini.

Pandemi yang melanda ini juga menjadi ujian bagaimana pasar kopi rakyat terkontraksi dengan tajam. Permintaan kopi sangat menurun dan kami melihat panen kopi 2021 lumayan bagus, pastinya akan menambah pasokan kopi yang bermutu baik di musim panen kopi 2021 ini.

Ada banyak pekerjaan rumah karena banyak celah yang masih belum terpikirkan sementara para penggiat dan pecinta kopi di Jember sudah terbiasa ngopi dengan materi kopi panenan setahun yang lalu. Bagaimana bisa kita minum kopi di tahun 2021 dengan kopi yang dipanen 2020? Ada skema tata niaga mini yang dilakukan secara kolektif untuk melakukan tunda jual panenan kopi.

Apakah cerita akan berlanjut? Pasti akan berlanjut karena kopi adalah sesuatu yang berkelanjutan untuk semuanya.

Kredit Gambar : Coöperatieve Inkoopvereniging Enschedeesch Mail Personnel oleh Alf van Beem ditandai di bawah CC0 1.0. commons wikimedia

#TetapNgopi Ngopi Kopi Jember di @rumahkafejember

#TetapProtokolNewNormal

#JanganNulari

#JanganKetularan

rumahkafejember.my.id

Google kami

#kopi #ngopi #jember #wedang #uwuh #rempah #jemberhits #ngopimalam #coffee #ngopisiang #pecintakopi #penikmatkopi #kopihijau #kopienak #coffeetime #coffeeaddict #ngopisore #rokenrol #coffeebeans #coffeelovers #instagood #barista #coffeeholic #kopilokal #photooftheday 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pepatah Jawa - MENANG MENENG NGGEMBOL KRENENG

Mojokerto Gelar Apel Siap Siaga Bencana

Walk Interview Hexpharm Jaya Laboratories Kediri Malang Surabaya

PT Wonokoyo Jaya Corporindo Operation Supervisor Needed Pasuruan

Ukafe Jember Koffiesta Fun Coffee Cupping #2