amp body













RUMAH KAFE JEMBER sejak 2015
Set On New Normal Certified Barista by BNSP LSP KI

KOPI yang baik adalah sehitam IBLIS, panas seperti NERAKA, semurni MALAIKAT, dan manis kaya KAMU

Karena KOPI kita bisa PINTAR

Kedai kecil serasa rumah sendiri, dikelola dengan senyum serta tawa juga dikawal barista tersertifikasi untuk ngopi, ngobrol atau membahas tentang apa saja

buka setiap hari mulai pk 18.00

DALAM PAHIT KOPI TERSELIP MANIS DAN RASA YANG LUAR BIASA
Temukan kami di Our Story | Instagram | Twitter | Facebook | Google | Maps | WAme

Rumput Yang Berkhasiat Ampuh Bernama Sereh Dapur Bagian 1

Rumput Yang Berkhasiat Ampuh Bernama Sereh Dapur Bagian 1


Sereh atau Serai dikenal sebagai bumbu dapur, terutama buat ibu-ibu yang suka masak soto ayam atau daging. Pasti mereka menggunakan sereh sebagai salah satu bumbu sotonya.


Sebenarnya sereh tidak hanya berguna sebagai bumbu dapur andalan para puan ketika memasak, kami, di Rumah Kafe sendiri, sereh menjadi salah satu bahan minuman tradisional yang banyak dikenal di Jawa.


Sebenarnya sereh tidak hanya berguna sebagai bumbu dapur andalan para puan ketika memasak, kami, di Rumah Kafe sendiri, sereh menjadi salah satu bahan minuman tradisional yang banyak dikenal di Jawa.

Sebut saja Teh sereh, Wedang Uwuh, atau Wedang Rempah. Jadi saat diolah menjadi minuman wedang atau yang sejenis, karakter sereh ini menghangatkan badan dan aromanya membuat segar indera penciuman kita.

Padahal sereh atau Cymbopogon Citratus merupakan tumbuhan rumput-rumputan yang dibudidayakan dari India. Serai dikenal dan digunakan sebagai obat di India serta  sebagai bumbu kuliner di Asia dan Amerika. Tumbuhan ini dapat tumbuh hampir dimana saja asalkan berada pada cuaca hangat dan semi-tropis.

Pada awalnya serai ditanam di Bandarawela (India Selatan) untuk tujuan penelitian. Beberapa budidaya skala besar serai telah ada di Sri Lanka di beberapa dekade lalu, Serai banyak digunakan sebagai minyak. Minyak serai juga ditemukan di Filipina pada abad ke-17, kemudian diperkenalkan ke Jamaika pada tahun 1799, lalu ke Haiti dan Amerika Serikat pada tahun 1917.

Budidaya serai pertama kali di Florida, Amerika Serikat dan Haiti pada tahun 1947, sedangkan kini serai telah menjadi tumbuhan budidaya yang banyak ditanam di Asia khususnya di Indonesia karena kandungan-kandungan zat bermanfaatnya.

Sereh sendiri tumbuh sangat baik di seluruh wilayah Indonesia sehingga sereh juga menjadi tanaman yang punya nilai ekonomis walaupun termasuk rumput-rumputan.

Tumbuhan sereh ini memiliki bentuk panjang, ramping, halus-kasar, dan batangnya merah. Serai dapat tumbuh sepanjang tahun dan dapat dipanen dengan hanya memotong daun dari batangnya (hal ini dilakukan agar serai dapat segera tumbuh kembali) atau ditarik keluar dari tanah hingga akarnya.

Sebut saja Teh sereh, Wedang Uwuh, atau Wedang Rempah. Jadi saat diolah menjadi minuman wedang atau yang sejenis, karakter sereh ini menghangatkan badan dan aromanya membuat segar indera penciuman kita.


Secara umum, sereh dibagi menjadi 2 jenis, yaitu sereh dapur (lemongrass) dan sereh wangi (sitronella). Keduanya memiliki aroma yang berbeda. Minyak sereh yang selama ini dikenal di Indonesia merupakan minyak sereh wangi (citronella oil) yang biasanya terdapat dalam komposisi minyak tawon dan minyak gandapura.

Minyak sereh wangi telah dikembangkan di Indonesia dan minyak atsirinya sudah diproduksi secara komersial dan termasuk komoditas ekspor. Sedangkan minyak sereh dapur (lemongrass oil) belum pernah diusahakan secara komersial. Dari segi komposisi kimianya, keduanya memiliki komponen utama yang berbeda. Sereh wangi kandungan utamanya adalah citronella, sedangkan sereh dapur adalah sitral.

Sereh dapur terbagi menjadi 2 varitas, yaitu sereh flexuosus (Cymbopogon Flexuosus) dan sereh citratus (Cymbopogon Citratus). Dalam dunia perdagangan minyak atsiri, minyak sereh flexuosus disebut sebagai East Indian lemongrass oil (minyak sereh dapur India Timur). Sedangkan sereh citratus dikenal dengan West Indian lemongrass oil (minyak sereh dapur India Barat).

Keduanya dapat tumbuh subur di Indonesia meskipun yang terbanyak adalah jenis West Indian. Perbedaan yang sangat jelas dari keduanya terletak pada sifat-sifat minyak atsiri yang dihasilkan. Minyak sereh India Timur lebih berharga dari pada India Barat, terutama karena kandungan sitralnya yang lebih tinggi.

Nah, lantas manfaat sereh itu apa saja, sih?

Lanjut di bagian kedua DISINI ya kawan, panjang banget sih.

Salam Hangat #RumahKafeJember @rumahkafejember

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pepatah Jawa - MENANG MENENG NGGEMBOL KRENENG

Secangkir Kopi, Ngopi Dan Obrolan Yang Menyehatkan Mental Di Meja Kopi